Jumat, 06 Mei 2011

Minatku didunia Media Massa & Elektronik


Sejak berusia 15 tahun, tepatnya waktu saya duduk dibangku SMA, saya mulai menyukai bidang ini, berawal dari hobi saya yaitu mendengarkan musik via radio anak muda di Jakarta, seperti Trax FM dan Prambors. Saya suka mendengarkan radio karena selain dapat mendapatkan informasi terbaru kita juga dapat mendengarkan lagu-lagu yang paling up date dari musik lokal dan internasional. Saat itu saya berfikir menjadi seorang penyiar adalah hal yang mengasyikkan, kita bisa menjadi orang yang paling up date dengan kondisi yang sedang trend di masyarakat, khususnya dikalangan anak muda.
Mulai dari saat itu saya suka mencari-cari informasi tentang dunia media massa dan elektronik. Selain bidang kepenyiaran, saya juga suka dengan dunia media massa, saya pernah memimpikan menjadi orang yang bekerja dibidang media maasa seperti di majalah remaja (GADIS, HIGH TEEN INDONESIA, FEMALE) ataupun di koran-koran terkenal Indonesia seperti KOMPAS, MEDIA INDONESIA atau TEMPO. Bekerja di media massa keuntungannya adalah kita dapat lebih pandai dalam merancang kosa kata dalam bahasa Indonesia, yang pastinya tidak memutar balikkan fakta yang ada. Bekerja dibidang ini punya tantangan tersendiri, karena masyarakat selalu membutuhkan informasi-informasi terbaru dengan cara membaca koran-koran tersebut sambil mereka sarapan pagi sebelum memulai aktivitas, tentu saja orang-orang yang bekerja dalam bidang ini akan selalu kerja lembur dan bekerja dengan cepat agar dapat memenuhi kebutuhan akan informasi terbaru bagi masyarakat banyak. Sejujurnya saya sangat menyukai bidang ini. Selain koran-koran berbentuk kertas ini sudah lebih dulu beredar luas dimasyarakat, kini ada juga koran-koran elektronik atau sering disebut Media Online yang menjadi pilihan, seperti portal-portal media yaitu DETIK.com, VIVANEWS.com, KAPANLAGI.com dan masih banyak lagi.
Koran-koran elektronik/Media Online ini selain menyediakan konten-konten yang lebih lengkap, dia juga dapat diakses dimana saja dan kapan saja dengan gratis dan fleksible. Namun, kekurangannya adalah berita yang dihadirkan kurang lebih hanya berisi garis besarnya saja dan tidak diulas secara gamblang, tidak seperti koran bentuk kertas yang diulas secara gamblang dan jelas.
Keinginan, keingintahuan, dan tantangan yang dipaparkan saya diatas tersebut membuat minat saya dalam bekerja dibidang media massa atau elektronik semakin menjadi-jadi. Awal saya lulus SMA saya sudah menginginkan masuk ke perguruan tinggi yang menyediakan jurusan broadcasting, tetapi tidak tahu mengapa takdir berkata lain dan membimbing saya masuk ke jurusan Sistem Informasi. Saya sempat berkecil hati karena mana mungkin jurusan Sistem Informasi dapat mengetahui cara kerja dari bidang broadcasting. Tapi semua itu secara perlahan memudar, karena saya mendapt suntikkan semangat dari dosen saya yang mengatakan bahwa jurusan Sistem Informasi dapat bekerja di bidang ini atau sebagai jurnalis sekalipun, karena pada dasarnya Sistem Informasi mempunyai keahlian dalam menganalisis. Tentu, seorang sarjana jurusan Sistem Informasi juga mampu menganalisis berita atau informasi dengan baik yang diaplikasikan ke bentuk media massa ataupun elektronik yang diperuntukkan untuk orang banyak.
Saya selalu berharap dan bedoa agar saya dapat bekerja dibidang yang saya sukai ini. Karena saya yakin bekerja sesuai dengan hal yang kita minati hasilnya akan lebih baik dan ketika mendapat tantangan saya akan mengerjakannya dengan hati yang senang. Apalagi keinginan saya ini sudah mendapat restu dari kedua orang tua saya.

1 komentar: